November 19, 2017

LangitMusik - Aplikasi Streaming Musik Terbaik, Terlengkap dan Gak Ngabisin Kuota!

Apa yang sobat harapkan pada setiap aplikasi streaming musik? Bisa men-download lagu secara gratis, sound yang menggelegar, tidak menyedot banyak kuota, database musik yang sangat lengkap atau tampilan menarik yang memanjakan mata? Sobat tidak perlu mencari aplikasi lain dan mencobanya satu-persatu di Playstore, cukup ketik "LangitMusik" di kolom pencarian Playstore dan semua kebutuhan sobat akan terpenuhi.
logo langitmusik
Image Source : id.wikipedia.org
Sobat pasti sedang bingung dan bertanya-tanya apakah aplikasi ini lebih bagus daripada JOOX, Spotify, Soundcloud dan aplikasi streaming musik sejenis? dan dari nama saja, bisa kita simpulkan bahwa aplikasi ini dari Indonesia. 

Ya, memang benar bahwa aplikasi ini dari Indonesia, yang dibentuk dari kerjasama antara Telkomsel dan PT MelOn Indonesia. Tujuan saya menyinggung Telkomsel disini adalah karena setiap pengguna Telkomsel yang sudah terdaftar di LangitMusik, bisa dengan bebas streaming lagu sepuasnya tanpa takut keluar kuota sedikitpun. Wow! pengguna Telkomsel harus bahagia nih mendengar kabar ini. Sesuai dengan motonya, LangitMusik"Musiknya hidup kamu" serta "Streaming Jutaan Lagu Ga Ngabisin Kuota"

Kelebihan lain yang dimiliki LangitMusik adalah database lagu yang mereka miliki mencapai 6 juta lagu lokal dan international serta akan terus bertambah setiap harinya. 

Lalu, bagaimana dengan kualitas suara yang dihasilkan? 

Tenang, LangitMusik sudah melengkapi kualitas output suara dengan Dolby Digital, dijamin suara yang dihasilkan akan terasa nendang di telinga.

Selanjutnya kita akan membahas lebih jauh mengenai menu-menu dan fitur yang ada pada LangitMusik agar sobat lebih mengenal aplikasi ini secara mendalam sebelum mencobanya.

Menu dan Fitur LangitMusik

Explore Music

Ini adalah fitur umum yang disematkan hampir pada setiap aplikasi streaming musik. Fitur ini berguna agar kita dapat menjelajah lebih jauh untuk mencari lagu atau artis yang sedang hits, lagu yang baru saja rilis, memindai lagu berdasarkan mood, genre, dan sobat juga dapat membuat playlist pada menu ini.
Explore Music

Tag Station

Fitur ini memudahkan kita untuk memindai lagu berdasarkan tag. Bila sobat sedang sedih, marah, senang, bahagia, ingin bersantai, sampai suasana romantis bisa sobat pilih sesuai suasana hati. Fitur yang sangat berguna buat sobat yang sedang galau atau buat para jomblo yang ingin ditemani suasana hatinya yang rapuh.
Tag Station

Trending

Inilah fitur yang saya sukai dari aplikasi ini. Biasanya aplikasi streaming lain akan memberikan kita trending berdasarkan Negara, berhubung aplikasi ini berasal dari Indonesia, lingkup diperkecil dengan menyediakan trending berdasarkan kota-kota besar yang ada di Indonesia. Karena saya sendiri di Yogyakarta, saya sangat senang menikmati apa saja musik yang sedang trend di kota ini.
Trending

My Music

Fitur ini hanyalah daftar lagu apa yang baru saja sobat mainkan dan juga yang paling sering sobat dengarkan. Fitur ini juga merupakan fitur yang umum dan wajib ada di setiap aplikasi musik, jadi saya tidak akan membahas ini lebih jauh.
My Music

Player

Pada menu ini, sebenarnya sangat simple, tidak terlalu banyak tombol yang tidak penting, hanya menyediakan tombol next, prev, shuffle, repeat, lyric, fitur queued song (antrian lagu) dan juga berbagai macam pilihan seperti informasi lagu yang diputar, share, mendengarkan lagu secara offline dan fitur menyimpan lagu. Bagi pecinta musik yang simple, fitur ini sudah cukup, namun untuk saya yang suka akan kelengkapan fitur seperti equalizer, terasa seperti ada yang kurang. Walaupun memang hampir di semua aplikasi sejenis tidak menyediakan equalizer. Saya rasa sebagai pembeda tidak ada yang salah kan?
Player

Settings

Untuk menu pengaturan, LangitMusik tidak terlalu banyak memberikan pilihan seperti aplikasi lain yang sejenis, hanya menyediakan pilihan akun, notifikasi, bahasa (terdiri dari 2 bahasa, Inggris dan Indonesia), privasi, langganan dan informasi aplikasi.
Settings

Subscribe

Untuk aplikasi seperti ini, sudah pasti menempatkan fitur subscription untuk para penggunanya. Biasanya ada fitur yang tidak bisa digunakan oleh free user dan bila sobat sudah membayar sesuai ketentuan, sobat akan menjadi premium user atau dengan kata lain, tidak ada pembatasan fitur lagi untuk menggunakan aplikasi ini. Dalam kasus LangitMusik, premium user mendapatkan kelebihan untuk mendengarkankan (streaming) lagu serta men-download semua lagu yang sobat suka untuk bisa didengarkan secara offline tanpa batasan apapun. Biaya menjadi premium cukup murah, untuk yang ingin berlangganan 7 hari cukup membayar seharga Rp 6.600 saja, dan untuk 30 hari seharga Rp 22.000. Bagi saya yang mahasiswa dan pecinta musik, biaya ini tentu saja sangat murah.
Subscribe

Kelebihan dan Kekurangan

Kelebihan

  1. Tampilan menarik dengan warna yang unik, sederhana, mudah digunakan, enak di mata, dan tidak terlalu terang. Setidaknya saat dalam keadaan gelap tidak menyilaukan mata.
  2. Tidak menggunakan kuota tambahan bila menggunakan Telkomsel. (Saya bukan promosi Telkomsel ya sob! karena aplikasi ini memang di-support sepenuhnya oleh Telkomsel. haha!)
  3. Database lagu yang cukup banyak mencapai 6 juta lagu lokal maupun internasional. Bahkan saat saya mencari band Jepang kesukaan saya yang biasa tidak ada di aplikasi streaming sejenis, ternyata cukup lengkap pada LangitMusik.
  4. Adanya fitur trending berdasarkan kota. Ini salah satu fitur kesukaan saya yang membuat saya betah berada di LangitMusik untuk mendengarkan lagu trend berdasarkan kota tempat saya tinggal.
  5. Biaya langganan yang terbilang cukup murah di kelasnya. Untuk seorang mahasiswa ataupun siswa SMA yang masih minta jajan dari orang tua juga dapat berlangganan tanpa khawatir uang jajan akan cepat habis.

Kekurangan

  1. Tidak adanya equalizer, walaupun pada aplikasi sejenis juga tidak menyediakan, namun saya rasa LangitMusik harus mempertimbangkan untuk menambah fitur ini jika ingin bersaing pada kategori streaming musik.
  2. Suara yang dihasilkan Dolby Digital tidak terlalu terasa wah di telinga saya. Saya tidak tahu apakah hanya saya yang merasa seperti ini, apa memang Dolby Digital kualitas suaranya hanya seperti itu. Tapi setidaknya lebih baik bila dibandingkan dengan aplikasi berwarna hijau. (Maaf tidak bermaksud menyinggung, hanya membedakan saja)

Apabila sobat sudah membaca semua ulasan diatas, sobat bisa men-download dan mencoba sendiri aplikasi LangitMusik dibawah ini. Gratis!



Saya rasa itu saja review dari saya tentang aplikasi LangitMusik, dapat saya simpulkan bahwa sebenarnya aplikasi langit musik ini sangat berpotensi untuk kemajuan musik lokal di Indonesia, mengingat sudah turunnya musik lokal bila dibandingkan dengan musik internasional karena kurangnya wadah berkarya untuk musisi-musisi yang benar-benar serius dalam menciptakan karya musik. Sangat menyenangkan apabila LangitMusik tidak melupakan musisi-musisi Indie yang akan menjadi pilar musik di Indonesia kedepannya. Semoga LangitMusik semakin maju disertai dengan perkembangan musik lokal yang semakin juga. Saya berharap penuh terhadap aplikasi ini untuk segera mungkin menerangi musik Indonesia yang sempat redup. Untuk mengenalkan kaula muda betapa tidak kalah bagusnya musisi lokal dihadapan musisi internasional.

Terima kasih juga saya ucapkan untuk JalanTikus yang juga ikut serta dalam mensponsori event ini. Munafik bila saya tidak ingin menang. Ya, saya akui, saya ingin menang dalam event ini, tapi apa artinya menang bila musik lokal tidak berkembang dan berhenti disitu-situ saja.


No comments:

Post a Comment