October 6, 2017

Module Xposed Terbaik Yang Wajib Ada di Android Kamu

Hai! Kembali lagi bersama KueRobot. Kali ini kita akan membahas tentang Module Xposed Terbaik Yang Wajib Ada di Android Kamu.
Module Xposed Terbaik Yang Wajib Ada di Android Kamu
Image Source : missingtricks.net
Sebelum kita membahas topik ini lebih jauh, apakah sobat sudah mengetahui apa itu xposed? Jika sudah mari kita lanjutkan dan bila belum mengetahui apa itu xposed, bisa membaca artikel saya sebelumnya yang berjudul "Apa Itu Xposed Framework, Fungsinya, Dan Cara Memasangnya (Root Only)".

Sebenarnya module yang akan saya jabarkan sebagian besar sudah dicoba pada smartphone saya baik versi Android Marshmallow maupun Lollipop. Jadi bukan berarti module-module ini bisa bekerja dengan baik bila sobat memiliki versi Android dibawah atau diatas Marshmallow atau Lollipop. Jadi harap disesuaikan saja dan sobat juga harus memperhatikan deskripsi module yang sudah dijelaskan oleh penciptanya agar tak menimbulkan masalah hanya karena salah install versi module, menginstall module yang sudah discontinued, dll. DWYOR! (Do With Your Own Risk).

GRAVITY BOX

GRAVITY BOX
Image Source : phonearena.com
Tweak Android dari segala sisi, jika saya menginstall xposed, module pertama yang saya cari adalah Gravity Box. Sobat bisa memodifikasi lockscreen, status bar, navigasi bar, menambah pie control, expanded desktop, menghemat baterai dengan smart radio, menambah shortcut pada navigasi bar, memodifikasi tombol hardware dan masih banyak lagi. 

Download Gravity Box

FLAT STYLE BAR INDICATORS

FLAT STYLE BAR INDICATORS
Image Source : kudhen.com
Modifikasi icon statusbar terlengkap menurut saya. Sobat bisa memodifikasi berbagai macam jenis indicator dan pilihannya cukup banyak dan eye catchy. Selain itu, sobat juga dapat mengatur jarak  atau besar kecilnya icon tersebut. Sangat lengkap bukan?

Download Flat Style Bar Indicator

GREENIFY

GREENIFY
Image Source : androidauthority.net
Module penghemat baterai terbaik android dan sudah terbukti ampuh dalam menangani baterai yang boros pada OS Android. Greenify mengandalkan fitur "hibernate apps" yang memungkinkan sobat untuk menidurkan sementara aplikasi yang berjalan di background memory dan memiliki service running di memory. Sobat juga dapat memilih aplikasi apa saja yang akan dihibernasi dan juga memilih untuk menghidupkan/mematikan fitur otomatis hibernasi saat smartphone dalam keadaan terkunci. Bila sobat banyak memiliki aplikasi social media, tenang saja karena Greenify memiliki fitur andalan bernama GCM Push yang memungkinkan untuk sobat dapat mendapatkan notifikasi dari aplikasi social media walaupun aplikasi tersebut dalam keadaan hibernasi.

Download Greenify


AMPLIFY

AMPLIFY
Image Source : naldotech.com
Sama seperti Greenify, Amplify adalah module yang memiliki fungsi untuk menghemat baterai Android. Namun, Amplify lebih spesifik untuk memanajemen wakelock Android. Biasanya untuk dapat memaksimalkan penggunaan baterai Android, saya mengkombinasikan Greenify dengan Amplify. Greenify untuk aplikasi dan Amplify untuk wakelock. Untuk yang masih bingung dalam menggunakan Amplify, bisa menggunakan petunjuk para master yang ada di XDA. BacaExtreme Battery Life Thread(Greenify+Amplify+Power Nap)

Download Amplify

iFONT

iFONT
Image Source : la536.weebly.com
Untuk mengubah font saya tidak pernah mencari aplikasi lain atau menggantinya secara manual lewat explorer. Jadi bagi saya yang tidak suka repot, saya menginstall aplikasi ini. Pilihan font juga banyak dan unik, bisa mengubah warna font ataupun mengatur font per aplikasi.

Download iFont

BOOT MANAGER

BOOT MANAGER
Image Source : howtechhack.com
Saya suka men-download banyak game dan sebagian besar berjalan pada saat boot. Hal ini akan membuat proses booting menjadi lama dan membuat baterai menjadi boros. Jadi saya menggunakan Boot Manager untuk mengatur aplikasi apa saja yang boleh berjalan saat boot.

Download Boot Manager

YOUTUBE BACKGROUND PLAYBACK

YOUTUBE BACKGROUND PLAYBACK
Image Source : youtube.com
Dari namanya saja, sobat sudah dapat mengetahui fungsi dari module ini. Youtube Background Playback memungkinkan sobat untuk dapat mendengarkan audio pada video di youtube saat meminimize aplikasi Youtube itu sendiri. Module ini sangat berguna untuk sobat yang sering mendengarkan musik video pada playlist Youtube.

Download Youtube Background Playback

APPOPSXPOSED

APPOPSXPOSED
Image Source : androidauthority.net
Module yang berguna untuk memanajemen "permission" aplikasi. Biasanya saya menggunakan aplikasi ini untuk kepentingan menghemat baterai Android dan juga mematikan akses lokasi pada aplikasi tertentu agar lebih privasi.

Download AppOpsXposed

APP SETTINGS

APP SETTINGS
Image Source : naldotech.com
Module yang cukup penting untuk saya karena dapat berguna untuk mengatur setting per aplikasi seperti mengubah bahasa per aplikasi, landscape otomatis, menjaga layar agar tetap hidup saat menggunakan aplikasi reader, menurunkan atau menaikkan DPI, dll.

Download App Settings

KMOD FWA

KMOD FWA
Image Source : repo.xposed.info
KMod FWA adalah module yang berfungsi untuk mengubah tampilan aplikasi Whatsapp. Bahasa gaulnya "tema whatsapp" lah. Haha! Sobat bisa memodifikasi temanya sendiri ataupun men-download kumpulan temanya di Collection of themes Collection of themes [XDA]

Download KMod FWA

XINSTA

XINSTA
Image Source : howtechhack.com
Bagi pecinta Instagram, module ini sangat penting. Sobat dapat men-download gambar ataupun video dari Instagram. Bukan itu saja, module ini juga dapat menambah fitur atau menghapus fitur yang tidak penting yang ada pada Instagram.
Download XInsta

Itulah module xposed terbaik yang wajib ada di handphone sobat sekalian. Sebenarnya masih banyak sekali module penting yang sangat berguna untuk handphone Android sobat. Mungkin sobat bisa mengeksplore sendiri di Xposed Installer pada bagian "Download". Bila ada waktu saya akan mengupdate artikel ini, dan untuk saat ini hanya ini yang dapat saya jabarkan.


No comments:

Post a Comment