September 7, 2017

Apa itu Xposed Framework, Fungsinya, dan Cara Memasangnya (Root Only)

Saya yakin sobat KueRobot yang datang ke artikel ini belum pernah mendengar atau sudah pernah mendengar namun tidak mengerti apa itu Xposed Framework, fungsinya, dan cara memasangnya. Kalau sudah mengerti, sobat pasti tidak datang ke artikel ini dong. Haha! Di dalam artikel ini saya akan menjelaskan semuanya secara lengkap dan semoga saja mudah dipahami oleh sobat semua ya!

gambar xposed installer
Image Source : www.androidpit.com

Apa itu Xposed Framework?

Xposed Framework merupakan sebuah kerangka kustomisasi untuk Android yang sudah dalam keadaan root. Memungkinkan pengguna untuk memasang aplikasi, mod dan tweak yang dapat memodifikasi sistem. Itulah mengapa, Xposed Framework hanya diperuntukkan untuk rooted phone.

Baca Juga :

Dengan adanya Xposed Framework, sobat tidak perlu bolak-balik flashing ke custom recovery untuk menginstall aplikasi, mod atau tweak. Cukup dengan masuk ke Xposed Installer dan sobat bisa memasang berbagai macam module berbentuk aplikasi yang memiliki beraneka ragam fungsi.

Fungsi Xposed Framework

Fungsi utama Xposed Framework adalah menjadi kerangka dari module atau aplikasi yang digunakan untuk memodifikasi sistem Android itu sendiri. Fungsi module sangat beraneka ragam, terutama untuk kustomisasi tampilan android sampai dengan tweak untuk mengoptimalkan kinerja Android. Salah satu contohnya adalah :
  • Mengganti dan mengkustomisasi icon status bar
  • Mengganti dan mengkustomisasi tampilan navigation bar
  • Memodifikasi lockscreen
  • Memodifikasi tombol hardware
  • Menambah kontrol navigasi
  • Blok iklan
  • Menambah fitur aplikasi tertentu
  • Hack aplikasi atau game
  • Mengubah font dan masih banyak lagi

Pada intinya, module menjadi bagian utama dari Xposed Framework layaknya Google Play Store yang menampung jutaan aplikasi. 

Wah saya tertarik untuk memasang Xposed Framework di Android saya, bagaimana ya cara memasangnya? Cara memasangnya sebenarnya cukup mudah, namun ada beberapa hal yang harus sobat perhatikan sebelum memasang Xposed Framework yaitu :
  • Android sobat sudah dalam keadaan root (tutorial bisa dilihat diatas)
  • Terpasang Custom Recovery (tutorial bisa dilihat diatas)
  • Backup ROM Andorid sobat dengan Nandroid Backup.
  • Tipe ponsel kompatibel dengan Xposed Framework (minimal Android 4.0 dan memiliki prosesor arsitektur ARM dan x86. Cek di Google atau GSMArena untuk spesifikasi lengkap ponsel sobat.
  • Membaca dan menyetujui resiko yang akan ditempuh dalam memasang dan menggunakan Xposed Framework. Baca FAQ Xposed Framework di XDA.
  • Dan yang paling penting adalah DWYOR! Do it With Your Own Risk.

Cara Memasang Xposed Framework

Untuk mempermudah, saya akan menyertakan gambar sebagai petunjuk. Dan bila banyak terdapat ketidakmiripan tampilan ponsel atau menu, saya harap sobat bisa mengerti karena tampilan ponsel dan menu pasti tidak terlalu jauh berbeda. Harap diperhatikan juga bahwa tutorial ini menggunakan 2 metode penginstallan, yaitu melalui Custom Recovery dan juga install apk dengan Android Installer seperti halnya sobat menginstall aplikasi dari Play Store. File yang diinstall melalui Custom Recovery adalah yang berformat .zip (Xposed Framework.zip) dan file yang diinstall seperti biasa yaitu yang berformat .apk (Xposed Installer.apk).
  1. Masuk ke setting>security>centang unknown sources.
    gambar unknown sources Android
  2. Download aplikasi CPU-Z di Play Store dan buka aplikasi untuk melihat info hardware ponsel sobat.
    gambar aplikasi CPU-Z
  3. Setelah mengetahui versi Android, versi SDK dan arsitektur prosesor ponsel sobat, download Xposed Installer di Xposed Reposity.
    gambar halaman xposed reposity
  4. Untuk Android Lollipop dan Marshmallow, download di Official Xposed for Marshmallow and Lollipop [XDA]. UPDATE : Untuk pengguna Android Nougat, Xposed Installer.apk bisa didapatkan di Official Xposed for Nougat [XDA].
    gambar halaman xda xposed installer
  5. Oke, sekarang kita sudah mempunya Xposed Installer.apk. Sekarang kita Download Xposed Framework.zip di Xposed Reposity untuk diinstall lewat custom recovery. Jangan lupa disesuaikan dengan info hardware seperti versi Android, SDK dan arsitektur prosesornya. Untuk Android Nougat, download di Official Xposed for Nougat [XDA].
    gambar download xposed framework.zip
  6. Download Xposed Framework Uninstaller.zip juga di Xposed Reposity untuk berjaga-jaga. Untuk Android Nougat, download di Official Xposed for Nougat [XDA].
  7. Setelah semua file sudah siap, masuk ke file manager ponsel sobat dan letakkan semua file yang sudah sobat download ke dalam satu folder di sdcard/. 
    gambar filemanager

    gambar filemanager 2
    Isi dalam folder ini terdiri dari xposed framework.zip, xposed framework-uninstaller.zip dan xposed installer.apk
  8. Masuk ke custom recovery lalu pilih "Install"
    gambar twrp recovery

  9. Cari folder "Xposed" di sdcard yang sudah sobat buat sebelumnya dan eksekusi file xposed framework.zip.
    gambar twrp recovery 2
  10. Biarkan file terinstall sampai selesai lalu kembali ke menu awal>Reboot>System (abaikan step ini bila ponsel restart dengan sendirinya).
  11. Setelah ponsel sudah selesai reboot. Masuk ke folder "Xposed" di sdcard dan install file Xposed Installer.apk (Ingat! ekstensi .apk bukan .zip)
  12. Setelah selesai menginstall Xposed Installer, sobat bisa masuk ke aplikasinya. 
    gambar aplikasi xposed installer
  13. Untuk cara penggunaannya cukup mudah, sobat tinggal masuk ke menu "Download" dan download module yang sobat suka lalu install. Setelah itu restart ponsel sobat dan rasakan perubahannya.

Itulah beberapa info tentang Xposed Framework dan cara memasangnya. Semoga informasi ini berguna untuk sobat semua. Jangan lupa untuk bertanya bila menemukan kesulitan. Dilain waktu, KueRobot akan memberikan informasi lebih detail tentang module-module Xposed yang menarik untuk dibahas.


No comments:

Post a Comment