August 14, 2016

Cara Mudah Flash Samsung Galaxy Dengan Menggunakan Odin

Setelah sebelumnya saya memberikan tutorial tentang Cara Flash Stock ROM Dengan Menggunakan SP Flash Tool yang notabene hanya bisa dipakai di chipset Mediatek, kali ini saya akan memberikan tutorial tentang "Cara Mudah Flash Samsung Galaxy Dengan Menggunakan ODIN".
Odin 3
Sumber : odindownload.com
Sebenarnya cara menggunakan ODIN ini cukup mudah dan tidak memerlukan banyak langkah-langkah rumit, bagi kalian yang ingin mengetahui cara flash recovery, tutorial ini juga bisa digunakan selama format file masih .img. Untuk flash recovery, pada tulisan selanjutnya akan saya jelaskan.

Pertama, silahkan persiapkan bahan-bahan berikut untuk keperluan flashing.
  1. Komputer/Laptop
  2. Handphone Samsung
  3. Kabel USB
  4. Download Samsung Stock Rom dan ekstrak hasil download.
  5. Download Samsung USB Driver dan silahkan install di komputer sobat.
  6. Download Odin 3 dan ekstrak hasil download.
  7. (Optional) Kopi dan Rokok (jika bukan perokok, silahkan beli cemilan)
Oke, jika semua sudah siap, kita lanjut ke tahap proses flashing.
  1. Matikan handphone sobat dan masuk ke dalam download mode. Caranya, pencet tombol power, volume down dan tombol home secara bersamaan sampai muncul layar seperti dibawah ini, lalu pencet tombol volume up untuk melanjutkan. Mungkin contoh gambar dibawah bukan seperti handphone sobat, namun kebanyakan metode download mode semua handphone Samsung seperti ini. Jika tidak masuk download mode, silahkan sobat cari cara untuk masuk ke download mode sesuai tipe handphone sobat masing-masing.
    Download Mode Samsung Galaxy
    Sumber : forums.androidcentral.com
  2. Setelah tampilan handphone sobat, ada logo robot hijau, silahkan sobat jalankan aplikasi Odin yang sudah diunduh sebelumnya, lalu sambungkan handphone sobat ke komputer dengan kabel usb dan pastikan semua kotak pada gambar dibawah ini terisi atau terpilih.
    Odin 3 Flashing
    Sumber : mobilecon.info
  3. Pada kotak yang berwarna hijau, akan nampak jika handphone sobat sudah berhasil terkoneksi ke komputer. Kotak merah harus sobat centang "Auto Reboot" dan "F Reset Time" saja. Lalu untuk kotak biru, silahkan sobat klik tombol "PDA" lalu cari file Stock ROM yang sudah sobat download dan ekstrak di komputer.
  4. Setelah semua sudah siap, sobat klik tombol "Start" dan proses flashing akan berjalan. Silahkan sobat meminum kopi dan bersantai menunggu proses flashing selesai.
  5. Jika sudah selesai, akan ada tulisan "PASS" di atas "ID:COM" dan berwarna HIJAU. Itu menandakan proses flashing telah selesai dan selamat, sobat sudah berhasil melakukan flashing rom di handphone Samsung sobat.


No comments:

Post a Comment