February 12, 2016

Keuntungan dan Kerugian Bila Root Android

Seperti topik yang ada dijudul, kali ini AndroGeez ingin membahas apa saja sih keuntungan dan kerugian bila root Android? Secara umum orang akan mengetahui bahwa root pada Android akan memiliki hak akses penuh pada sistem. Kita bisa memodifikasi apapun dalam sistem Android termasuk sistem framework yang memungkin kita dapat mengganti tampilan baterai, bar notifikasi, dll. Namun, secara umum orang juga mengetahui kerugian bila root Android salah satunya adalah hilangnya garansi yang diberikan vendor terhadap smartphone produksinya tersebut. Lalu apa saja kelebihan dan kekurangan yang lain bila kita root Android yang kita miliki. Mari kita bahas bersama!


Kelebihan Root Android :
  1. Menghapus Bloatware (Aplikasi bawaan Vendor) yang dirasa tidak berguna. Sebagian orang tidak memperhatikan ini, namun bagi sebagian lagi merasa bloatware sangatlah mengganggu dan rata-rata akan memberatkan kinerja Android dengan memakan banyak internal memory dan RAM.
  2. Menginstall Custom Rom. Merasa bahwa ROM dari Vendor tidak menarik? Dengan me-root Android, sobat bisa sesuka hati mengganti ROM lain yang sobat inginkan seperti Cyanogen ROM ataupun MIUI ROM. Tapi hanya untuk yang sudah expert saja ya, tidak disarankan untuk pemula.
  3. Overclock CPU. Kurang puas dengan performa device sobat? Ingin bermain game HD tapi lag karena terhambat CPU yang kurang optimal? Sobat bisa dengan mudah menaikkan atau menurunkan Clock Speed sesuai yang sobat inginkan.
  4. Backup data menjadi lebih mudah. Sobat bisa backup ataupun restore data dengan mudah. Jadi saat sobat ingin mengganti ROM bawaan dengan Custom ROM, sobat tidak perlu takut lagi kehilangan data yang sudah disimpan.
  5. Menghilangkan Iklan. Iklan di aplikasi pasti sangat mengganggu sobat dalam menjalankan aplikasi tersebut. Apalagi aplikasi tersebut sering sobat buka. Dengan sobat me-root Android, sobat bisa mem-block semua iklan yang tampil pada aplikasi dengan bantuan aplikasi dari Google Play.
Kekurangan Root Android :
  1. Garansi hilang. Jika sobat me-root Android, jangan sampai kecewa bila saat smartphone sobat bootloop atau brick karena menginstall custom rom tidak diterima oleh pihak vendor karena root Android sama saja dengan DO IT YOUR OWN RISK!!! Diingat ya sob. hehe!
  2. Rentan terkena Virus. Smartphone atau Android yang sudah dalam kondisi root biasanya juga akan diikuti dengan penginstallan aplikasi dari pihak ketiga (bukan dari Google Play). Biasanya aplikasi pihak ketiga inilah yang sudah ditanamkan virus oleh orang yang memodifikasinya atau membuatnya dengan maksud mencuri data apa saja yang ada pada smartphone sobat.
  3. Smartphone cepat rusak/penurunan performa. Root bukan berarti menambah performa, memang dapat menambah performa jika kita menggunakannya secara bijak/tidak berlebihan. Bila sobat melakukan mod yang berlebihan seperti overclocking yang sifatnya memaksa hardware untuk bekerja keras, jangan merengek bila dalam kurun waktu tertentu smartphone sobat mati dan tidak akan menyala lagi. 

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan root Android. AndroGeez berharap sobat dapat lebih bijak dalam me-root Android agar Smartphone yang sobat gunakan bisa bertahan lama. Pikirkan terlebih dahulu sebelum root Android agar sobat tidak kecewa nantinya.


No comments:

Post a Comment