February 10, 2016

Cara Mengatasi HP Android Lemot


Handphone yang lemot atau lambat memang sangat menjengkelkan. Terlebih bila sobat merupakan orang yang tidak sabaran. Bisa saja sobat melempar handphone sobat bila sudah tidak tahan lagi dengan lemotnya. Sebenarnya semua jenis handphone bisa saja lemot, bukan hanya Android, semua tipe OS hp juga mengalami hal yang sama. Lalu mengapa sebuah handphone bisa lemot? Biasanya sebuah handphone bisa lemot dikarenakan penuhnya media penyimpanan (memory card), kurangnya kinerja RAM, aplikasi yang corrupt ataupun hardware yang sudah rusak. Masih banyak berbagai kemungkinan yang terjadi, namun saya hanya menjelaskan kerusakan pada umumnya saja. Bagaimana cara mengatasinya handphone yang lemot? Untuk lebih spesifik, saya hanya akan membahas tentang cara mengatasi handphone Android yang lemot, bukan OS lain selain Android. Disini saya akan membahas 5 tips penting agar handphone Android tidak lemot lagi.

  1. Hapus semua aplikasi yang tidak penting. Bila sobat tidak membutuhkannya aplikasi tersebut, silahkan sobat uninstall karena beberapa aplikasi dirancang untuk berjalan saat handphone menyala. Jadi, bila hanya akan memberatkan RAM, lebih baik sobat hapus saja aplikasi tersebut dari handhone Android sobat.
  2. Hapus data-data tidak penting di kartu sd atau memory internal. Satu masalah paling umum pada Android yang lemot adalah penuhnya media penyimpanan. Hapuslah beberapa film, gambar dan hasil download sobat. Sisakan kurang lebih 15% dari total media penyimpanan sobat untuk kinerja tambahan saat handphone membutuhkannya. Sobat bisa menggunakan aplikasi CleanMaster untuk membersihkannya.
  3. Bersihkan cache (file sampah) yang ada di handphone. Kebanyakan orang menyepelekan ini. Jangan pernah membiarkan data cache yang sudah sangat menumpuk di handphone sobat karena hanya akan menjadi file sampah yang tidak berguna dan memenuhi memory internal ataupun eksternal sobat. Sobat juga bisa menggunakan CleanMaster untuk membersihkannya.
  4. Perhatikan memory eksternal. Pastikan bila sobat sudah menggunakan memory eksternal dengan kualitas dan kecepatan terbaik. Paling tidak sobat menggunakan memory eksternal class 10 agar proses transfer data dan kinerja handphone  menjadi lebih cepat.
  5. Factory Reset handphone bila cara diatas sudah tidak mempan. Factory reset akan membersihkan handphone ke setelan pabrik. Handphone sobat akan terlihat segar seperti baru lagi bila melakukannya. Tapi sebelum melakukannya, jangan lupa untuk mem-backup data-data penting sobat yang sudah tersimpan di memory internal dan eksternal. Jangan lupa juga untuk meng-ekspor kontak ke akun gmail atau ke memory eksternal sobat agar nanti bisa me-restorenya saat sudah melakukan factory reset.
Itulah 5 tips penting untuk mengatasi handphone Android yang lemot. Dengan adanya kelima tips tersebut semoga dapat menyembuhkan penyakit umum pada handphone sobat dan semoga informasi ini dapat berguna untuk saya sendiri maupun semua sobat pembaca AndroGeez. Salam!


No comments:

Post a Comment